9 Bahaya Perut Buncit Bagi Kesehatan Yang Harus Kamu Waspadai

Penyebab Dan Bahaya Perut Buncit


Bang Uye - Seseorang yang memiliki perut buncit tentunya memiliki kepercayaan diri yang kurang dan merasa kurang nyaman apalagi ketika membungkuk atau jongkok perut terasa mengganjal sehingga sangat menggangu kegiatan kamu sehari – hari, banyak yang mengalami kesulitan dalam mengatasi perut buncit dan bukan perkara mudah memang dalam mengecilkannya.

Perut buncit biasa disebut dengan obesitas perut atau obesitas sentral, seseorang yang mengalami perut buncit disebabkan oleh penumpukan lemak pada bagian perut, lemak pada bagian perut itu sendiri dibagi menjadi 2 macam yakni lemak subkutan dan lemak viseral.

Untuk lemak subkutan yakni lemak yang berada di bawah kulit, lemak tersebut dapat dicubit dan terlihat. sedangkan untuk lemak viseral yang berada di dalam organ tubuh sehingga tak terlihat, lemak viseral inilah yang sering dihubungkan dengan kondisi obesitas di perut, Anda Perlu mengetahui bahayanya perut buncit karena dapat memicu berbagai macam jenis penyakit lain, lemak viseral sangat sulit untuk dihilangkan.

Sebagian besar orang terkadang menyepelekan berat badan walaupun perut sudah bertambah buncit akibat gaya hidup dan juga pola makan yang salah. Jika dibiarkan terus menerus, maka bahaya perut buncit bisa saja terjadi dan menimpa baik pria maupun wania. Faktanya, banyak sekali penyakit yang bisa timbul karena disebabkan oleh obesitas.

Bagi kamu yang mempunyai perut buncit, kali ini Bang Uye akan memberikan paparan mengenai 9 bahaya perut buncit bagi kesehatan:

1. Resiko Penyakit Jantung


Penyakit jantung tidak hanya disebabkan oleh faktor bawaan saja, tetapi juga faktor eksternal seperti makanan yang bisa mempengaruhi kesehatan. Perut yang buncit bisa memicu terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah yang menuju jantung sehingga terjadinya pembuka pada aliran darah.

Tanda-tanda dari penyakit ini adalah nyeri di bagian dada sebelah kiri yang akan berakibat pada serangan dan juga gagal jantung. Apabila tidak segera ditangani, maka hal ini bisa berujung pada kematian. Resiko penyakit ini bisa dicegah bila segera melakukan detox untuk mengeluarkan racun dan juga lemak pada perut buncit.

2. Penyakit Stroke

Bahaya perut buncit juga bisa menyebabkan resiko penyakit stroke yang datangnya tiba-tiba. Penyakit ini terjadi akibat penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh pengendapan lemak yang berlebih dalam saluran pembuluh darah dan biasa disebut disebut dengan Aterosklerosis.

Penyempitan saluran darah tersebut bisa memicu tinggginya tekanan darah seseorang jauh dari batas normal sehingga menyebabkan pusing hingga jatuh pingsan dan kehilangan fungsi dari beberapa oragan tubuh. Biasanya penyakit ini disebut sebagai lumpuh sementara yang menyebabkan sesorang tidak bisa beraktivitas dalam jangka waktu tertentu.

3. Penurunan Fungsi Paru-paru

Tim peneliti dari Finlandia menemukan bahwa perut yang terlalu besar berkaitan dengan penurunan volume dan fungsi paru-paru. Dibandingkan dengan pria yang tak berperut buncit, pria yang memiliki kelebihan lemak di perut diketahui memiliki nilai buruk saat tes pernapasan. Jika ini dibiarkan, penurunan fungsi paru-paru bisa menyebabkan sempitnya jalan napas dan menimbulkan penyakit paru kronis atau asma.

4. Kolesterol Tinggi

Lemak bagian perut bisa berubah menjadi asam lemak pada tubuh yang bisa menyebabkan munculnya LDL atau kolesterol buruk dan triglycerides. Asam lemak bebas juga menyebabkan menurunnya tingkat kolesterol baik dalam tubuh. bersamaan dengan obesitas di bagian perut dan kerusakan arteri, kolesterol buruk ini bisa menyebabkan berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau stroke.

5. Penyakit Demensia Dan Alzheimer

Penelitian tahun 2010 menemukan bahwa jumlah lemak di perut berkaitan dengan penurunan volume otak. Penurunan volume otak pada akhirnya akan menyebabkan penyakit otak seperti demensia atau Alzheimer.

6. Merusak Sistem Metabolisme

Penumpukan lemak di perut akan membuat tubuh memproduksi hormon yang menghambat sistem metabolisme. Hal ini bisa mengubah reseptor insulin dalam tubuh, sehingga tubuh mulai kesulitan mengatur tingkat gula darah. Tentu saja hal ini pada akhirnya akan menyebabkan diabetes pada seseorang.

7. Diabetes

Hasil penelitian mengatakan bahwa sekitar 80% pengidap diabetes memiliki perut yang buncit. Hal ini disebabkan oleh kelebihan berat badan karena terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung gula atau glukosa. Terlalu banyak glukosa yang masuk dalam tubuh tidak bisa dicerna dan juga diserap dengan baik oleh tubuh dan ini merupakan pemicu bahaya perut buncit bagi kesehatan.

Glukosa yang tidak bisa dicerna tersebut mengakibatkan kadar gula dalam darah menjadi meningkat sehigga resiko diabetes pun besar. Ada beberapa jenis diabetes seperti basah dan juga kering. Namun semua penyakit tersebut memiliki efek yang buruk bagi kesehatan jika tidak segera diobati.

8. Kanker

Resiko penyakit mematikan seperti kanker juga bisa dialami oleh mereka yang memiliki perut buncit dan obesitas. Makanan berlemak, gula, minyak dan jenis makanan tidak sehat lain yang masuk ke dalam tubuh secara terus menerus bisa menyebabkan tumbuhnya sel kanker pada darah dan menimbulkan berbagai macam jenis kanker seperti kanker prostat, payudara, empedu, usus besar, liver dan masih banyak lagi yang lainnya. Ditambah lagi penyakit ini bisa menimbulkan resiko kematian bila tidak dicegah dari sekarang.

9. Kematian Dini

Centers for Disease Control (CDC) menuturkan bahwa obesitas, khususnya obesitas sentral merupakan penyebab terjadinya kasus 300.000 kematian per tahun di negara Amerika Serikat. Berdasarkan penelitian yang telah banyak dilakukan, bahaya perut buncit bagi kesehatan yaitu adanya kenaikan persentase resiko kematian dini sejumlah 50-100% pada penderita obesitas dibanding dengan seseorang yang tidak mengidap perut buncit ataupun obesitas.

Bahaya perut buncit bagi kesehatan yang begitu mengerikan tersebut sebaiknya mulai dijadikan perhatian yang serius. Menerapkan pola hidup yang sehat, menjaga asupan nutrisi, dan rutin berolahraga merupakan langkah yang harus kamu tempuh untuk menghilangkan endapan lemak jahat pada perut dan mengembalikan keindahan bentuk perut.

Bentuk perut yang indah dan sehat merupakan dambaan semua orang khususnya kaum perempuan. Oleh karena itu, setelah membaca artikel ini, diharapkan pembaca menjadi semakin menjaga kesehatan tubuh dan tidak menganggap enteng perut buncit karena menyimpan bahaya yang senantiasa mengancam.

Baca Juga:
  1. Manfaat dan Keuntungan Ngeblog
  2. 11 Kriteria Calon Suami Yang Pantas di Nikahi
  3. Tanda Tanda Ketika Rasa Cinta Mulai Berkurang
  4. Cara Mempercepat Loading Blog
  5. Alasan Mengapa Pria Tertarik Dengan Wanita Yang Lebih Tua

Punya Info Tambahan Untuk Masalah Perut Buncit Atau Share Pengalaman Silahkan Tambahin Di Kolom Komentar..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Bahaya Perut Buncit Bagi Kesehatan Yang Harus Kamu Waspadai"

Post a Comment