13 Tips Dan Cara Efektif Pergi Liburan Bersama Teman

Mau Liburan Bersama Teman Yang Nyaman Dan Aman, Ini Cara Efektif Dan Tipsnya..


Bang Uye - Liburan bersama teman memang seru banget. Apalagi jika Kamu dan teman sedang penat dengan rutinitas kamu. Namun, saat sampai tujuan ternyata teman Kamu tidak seasik yang dibayangkan, apalagi jika masih punya ego masing-masing.

“Pertengkaran yang disebabkan karena uang bisa merusak liburan Anda,” kata Nadine Davidson, penulis buku Travel With Others Without Wishing They’d Stayed Home. Jadi, sebelum mengadakan acara liburan, tentukan dulu gaya berlibur Kamu dan sampai sejauh mana kemampuan finansial teman berlibur Kamu. 

Nah, kalau Kamu ingin liburan bersama teman-teman sukses. Berikut ada tipsnya sebagaimana dilansir dari Apareandashare, Kamis (20/10/2016).


Baca Juga Tips Dari Bang Uye lainnya:


1. Pilah Dan Pilih Teman

Menyebarluaskan rencana liburan Kamu di media sosial adalah cara terbaik untuk mengundang teman liburan secara acak. Kecuali Kamu cukup tegas untuk mengatakan ‘tidak’ kepada rekan kerja yang sangat ingin berlibur bersama Kamu, jangan lakukan itu. Jangan sebarkan rencana liburan di media sosial.

Percayalah, memilah dan memilih teman bukanlah suatu hal yang buruk. Termasuk memilih teman liburan. Pengalaman Bang Uye yang mengatakan hal itu.

Bedakan teman dan rekan. Menjadi rekan kerja yang menyenangkan tidak menjadikan seseorang teman berlibur yang menyenangkan. Teman tidak sama dengan rekan. Ini hal pertama yang harus kamu catat.


Baca Juga Tips Dari Bang Uye lainnya:

2. Memahami Apa Yang Kalian Inginkan Saat Liburan

Semua orang berbeda dan pastikan Kamu mengerti apa yang Kalian ingin lakukan saat liburan. Jika ada perdebatan tujuan, lebih baik didiskusikan dengan kepala dingin agar liburan Kamu menyenangkan.

3. Diskusikan Pembagian Tanggung Jawab

Biarkan setiap orang mengambil tanggung jawab dari berbagai macam tugas selama perjalanan untuk memastikan setiap orang punya suara dalam perjalanan ini. Sebagai contoh, satu teman bisa mencari hotel sementara yang lainnya memesan pesawat. Tergantung seberapa spesifiknya Kamu merencanakannya, anggota kelompok yang lain bisa mencari rumah makan lokal atau kesenangan lain.


Baca Juga Tips Dari Bang Uye lainnya:


4. Diskusikan Budget Atau Dana Yang Ada

Nah, uang selalu menjadi masalah bagi kebanyakan orang saat berlibur. Lebih baik Kamu dan temanmu banyak diskusi agar semuanya lancar, dari mulai menginap hingga rental kendaraan yang tepat bagi Kalian.

5. Harus Jujur Terbuka Satu Sama Lain

Untuk liburan menyenangkan, Kamu dan teman harus saling terbuka satu sama lain. Bicarakan apa yang kamu keluhkan soal dia, begitupun sebaliknya. Dan terima semua kritik dan saran dari teman Kamu.


Baca Juga Tips Dari Bang Uye lainnya:


6. Tetap Bersama

Saat pergi ramai-ramai akan ada kemungkinan kita kepengin pergi dalam grup kecil. Lebih baik hindari guys. Kita enggak pernah tahu apa yang akan terjadi nanti. Supaya terhindar dari kejahatan atau kecelakaan yang mungkin saja terjadi dengan kita.

7. Nomor Kontak

Pastikan setiap anggota grup liburan mempunyai nomor satu sama lain. Dan Sangat diwajibkan selalu memberikan kabar dan nomor kontak penginapan atau sahabat kita kepada orangtua. Supaya orangtua kita merasa nyaman dan enggak selalu khawatir. Berikan secara detail dimana kita menginap, siapa saja teman yang ikut serta, kontak mereka dan kontak orangtua mereka. Dengan begitu, saat terjadi sesuatu mereka enggak akan sulit mencari atau menghubungi kita.


Baca Juga Tips Dari Bang Uye lainnya:



8. Ingat Harus Saling Kompromi

Jika kamu liburan dengan orang yang berbeda, tentu ini menjadi permasalahan kebanyakan orang. Cara mengatasinya adalah dengan kompromi. Temukan apa yang membuat kamu dan temanmu bahagia saat liburan bersama.

9. Jangan Sungkan Untuk Membantu Rekanmu Melakukan Persiapan

Satu atau dua temanmu dalam grup mungkin kurang begitu berpengalaman soal traveling, gak seperti Kamu. Jadi, jangan ragu untuk berbagi saran soal jalan-jalan. Membantu mereka untuk packing juga gak ada salahnya, kok. Mereka pasti bakal berterima kasih dan gak bakal ragu buat ikut kalau Kamu ajak jalan-jalan lagi.


Baca Juga Tips Dari Bang Uye lainnya:


10. Berpisah? Bukan Masalah!

Traveling berkelompok bukan berarti harus sama-sama terus sepanjang perjalanan. Kalian bisa berpisah sementara jika ada tempat berbeda yang ingin Kamu kunjungi, kok.

Misalnya, teman-temanmu ingin berenang di waterpark, sedangkan Kamu dan seorang lagi lebih tertarik untuk mengunjungi museum karena kalian berdua gak bisa berenang. Kalau begini, gak perlu ragu buat berpisah biar Kalian sama-sama bisa menikmati waktu Kalian sebaik-baiknya. Daripada bete nungguin. Kalau udah, tinggal janjian aja ketemu di suatu tempat.

11. Selama Traveling, Lebih Baik Hindari Topik-topik Yang Sensitif Dan Kontroversial

Serunya punya teman seperjalanan itu karena Kamu punya rekan untuk diajak bercerita dan diskusi. Tapi, meski Kalian suka diskusi, mendingan simpan topik-topik yang sensitif dan kontroversial untuk dirimu sendiri. Kayak kemarin, misalnya, diskusi tentang siapa yang pantas jadi presiden bisa berujung berantem. Kalau udah gitu, bisa-bisa liburan Kalian yang seharusnya menyenangkan malah jadi runyam.


Baca Juga Tips Dari Bang Uye lainnya:


12. Abadikan Foto Momen Liburan Kalian, Atau Ajak Seorang Yang Jago Fotografi

Ya, punya satu orang yang jago membuat dokumentasi di dalam tim akan membuat perjalananmu lebih berkesan. Temanmu ini gak harus fotografer profesional, yang penting kemampuannya membingkai gambar gak diragukan. 

Siapa sih yang gak mau momen-momen perjalanannya diabadikan dalam karya fotografi travel yang artistik? Apalagi kalau dia juga jago membuat footage video menjadi sebuah video pendek yang menarik, kamu pasti gak sabar untuk pamer!

13. Kesampingkan Ego Dan Nikmati Setiap Momennya

Traveling berkelompok gak akan berhasil kalau tiap orang masih mau menang sendiri. Selama perjalanan, kesampingkan dulu ego dan keluh kesahmu. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, Kamu mungkin merasa ada kelakuan temanmu yang menyebalkan. Tapi, siapa tahu mereka juga begitu ke Kamu.

Kalau ada hal yang sangat mengganggumu, ungkapin aja terus terang, tentunya dengan cara yang wajar. Kalau mereka juga menginginkan perjalanan ini menyenangkan, pasti setiap orang akan mengesampingkan ego dan menyesuaikan diri, kok. Akhirnya, meskipun senang dan sedih, jangan lupa untuk menikmati setiap momen yang Kamu alami. Itulah oleh-oleh yang Kamu bawa pulang untuk diceritakan.


Baca Juga Tips Dari Bang Uye lainnya:

Tips Tambahan Untuk Pergi Liburan

  1. Pastikan Kamu melakukan perjalanan dengan dengan membawa identitas yang benar untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan misalnya, sehingga ketika kamu mendapat musibah ada identitas diri kamu yang bisa dihubungi.
  2. Kamu bisa membuat catatan harian atau menulis blog tentang perjalanan Kamu sebagai dokumentasi. Jangan lupa mengisi baterai kamera Kamu dan bawa juga kartu memori dan baterai cadangan!
  3. Kamu perlu mencari informasi melalui situs web untuk mempelajari terlebih dahulu tempat-tempat yang akan kalian kunjungi. Jika Kamu menemukan hal-hal yang negatif, pilihlah tempat lain yang lebih baik.

Bagaimana? Kamu pernah mengalami hal-hal yang kurang menyenangkan ketika berlibur bersama orang lain? Atau Kamu punya tips lain untuk mempersiapkan perjalanan bersama teman? Segala hal yang berhubungan dengan artikel ini bisa kamu tambahkan dibawah.

Baca Juga Artikel Favorit Bang Uye lainnya:



Pesan Bang Uye

1. Buat kamu yang sudah membaca artikel ini Bang Uye sangat mengucapkan terima kasih bila kamu mau share artikel ini di facebook atau di twitter kamu

2. Dan buat kamu yang ingin mengambil isi artikel ini Bang Uye sangat berharap kamu melampirkan sumbernya dari website ini

Tolong Hargai Karena Untuk Membuat Artikel Tidaklah Mudah Dan Membutuhkan Ide Dan Waktu Yang Banyak

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "13 Tips Dan Cara Efektif Pergi Liburan Bersama Teman "

Post a Comment